SD RUMAH CITTA – Sekolah Rumah Citta

Mencari Sekolah Yang menyenangkan?

Ada SD Rumah Citta di Yogyakarta!

SELAMAT DATANG! 

SD Rumah Citta adalah sekolah yang mengupayakan pendidikan yang ramah anak dan ramah keberagaman. 

Anak tahu caranya belajar,
anak senang belajar,
anak terus belajar.
#sekolahrumahcitta

Kurikulum

KURUCI atau kurikulum pendidikan Rumah Citta dikembangkan dari K-13 yang diramu dengan berbagai pendekatan berikut ini agar tercipta pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan.

Dalam pendekatan belajar berpusat pada siswa ini, siswa diposisikan sebagai subjek aktif pembelajaran sehingga minat dan kemampuannya dihargai. Kurikulum, metode mengajar, cara berkomunikasi, media, pengaturan kelas, bahkan penyediaan makanan selalu mempertimbangkan perkembangan, kebutuhan, keamanan, dan kenyamanan anak. 

Pembelajaran dikemas dengan semangat bermain (playful) sehingga belajar menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Di setiap akhir tema kelas, para siswa akan berkolaborasi untuk mengerjakan proyek kelas. Dengan fasilitasi edukator, para siswa belajar merumuskan masalah, berusaha menyelesaikan masalah secara mandiri atau dengan berkolaborasi.  Mengerjakan proyek merupakan potret kegiatan dalam kehidupan bekerja dan bermasyarakat. 

Pendekatan UDL menjadi salah satu kekuatan SD Rumah Citta sebagai sekolah inklusi. Edukator selalu menyediakan beberapa pilihan main/kegiatan sehingga dapat mewadahi setiap kebutuhan siswanya. Siswa yang mendapat stimulasi sesuai dengan minat dan kebutuhan personalnya akan menikmati proses belajar mengajar.

Simak penjelasan tentang kurikulum SD Rumah Citta dengan video berikut ini:

7 Hal yang Membuat Belajar Jadi Menyenangkan di SD Rumah Citta

Karakter khas siswa Sekolah Rumah Citta

Berani berpendapat, 
mau berdiskusi.
Mandiri dan percaya diri. 
Kreatif dan senang belajar.
Empatik dan mudah bergaul. 

Nilai-Nilai Utama

5 nilai utama yang selalu dipegang di Sekolah Rumah Citta dan diterapkan dalam keseharian adalah:

Kami selalu mengupayakan terpenuhinya hak anak berdasar Konvensi Hak Anak PBB. Setiap keputusan selalu dibuat berlandaskan kepentingan terbaik untuk anak.

Sekolah Rumah Citta mengupayakan lingkungan yang ramah keberagaman. Keunikan identitas dan latar belakang seseorang tidak menjadikannya lebih rendah atau lebih tinggi dari yang lainnya. Perbedaan (kebutuhan) fisik, etnik dan budaya, intelektual, emosi, bahasa, kepercayaan, dan status sosial ekonomi semata bagian dari keragaman. 

Laki-laki dan perempuan memiliki kedudukan setara dan berhak memperoleh perlakuan yang adil di masyarakat. Fokus pendidikan adil gender adalah pada identitas gender yang meliputi identitas biologis dan peran personal (budaya/norma).

Prinsip 4 R (Reduce, Reuse, Recycle, Replant) dan gaya hidup ramah lingkungan diterapkan sebagai usaha untuk menghargai alam semesta.

Pengetahuan dan nilai yang dianggap baik dan benar oleh masyarakat lokal merupakan kumpulan pengalaman dan pemahaman tentang suatu tempat dan budaya sebagai hasil interaksi antara manusia dan lingkungannya. Menggunakan sumber daya lokal dan peduli pada tatanan budaya setempat adalah beberapa cara untuk menghargai kearifan lokal. 

Penghargaan
di Bidang Pendidikan
Lintas-Agama (Interfaith)

Sekolah Rumah Citta mendapat apresiasi khusus (Special Recognition) dalam ajang SEAMEO Japan – ESD Award 2019 melalui program bertajuk “Interfaith Education In Early Childhood: Building Respect in Young Children Towards Differences“.

Referensi: https://www.seameo.org/Main_programme/138

Apa Cerita Mereka

Kesan anak terhadap kegiatan belajarnya, dan pengalaman para keluarga mempercayakan pendidikan putra/putrinya di SD Rumah Citta

Kami ingin melahirkan generasi pencipta yang berkarakter kuat.
F. Ana Rukma Dewi
Kepala Sekolah Rumah Citta

Alur Penerimaan Siswa Baru

FAQ

Sekolah Rumah Citta didirikan dan dikelola oleh ECCD-RC Yogyakarta sejak tahun 2004. ECCD-RC adalah lembaga swadaya  masyarakat yang pada pengembangan anak usia dini. 

Lebih jauh tentang ECCD-RC Jogja di www.eccdrc.or.id

Sekolah berkonsep laboratorium (lab school) berarti bahwa sekolah ini mengembangkan pendekatan pendidikan yang inovatif dan evaluatif dimana ide-ide dan praktik ajar baru dalam pendidikan diujicoba, diteliti, dan terus diperbaharui.  

SD Rumah Citta menerapkan pengelompokan kelas sistem multi age. 

Terdapat 3 tingkatan kelas yaitu:
Ragil (kelas 1 dan 2),
Tengah (kelas 3 dan 4), dan
mBarep (kelas 5 dan 6).

Sebagai sekolah inklusi, Sekolah Rumah Citta menerima anak berkebutuhan khusus. Adapun jumlah maupun jenis kekhususannya disesuaikan dengan kapasitas kelas, kapasitas guru, dan fasilitas fisik yang bisa diakomodasi. 

Hubungi HOTLINE kami untuk informasi lebih lanjut.

Ya, siswa mendapat pendidikan agama sesuai keyakinannya. Bagi anak yang sedang dalam proses memilih keyakinan disediakan pendidikan agama universal (living values).

Selama pandemi, diberlakukan sistem belajar daring (online). Namun ini TIDAK berarti setiap hari anak harus menerima materi atau mengirim tugas secara daring.

Pertemuan daring berkala melalui Zoom Meeting, WhatsApp, atau aplikasi pendidikan lain dilakukan lebih untuk tujuan memberi kesempatan anak berinteraksi dengan edukator dan teman sekelas. Interaksi ini penting untuk melatih keterampilan sosial meskipun terbatasi jarak.

SD Rumah Citta menyediakan berbagai pilihan kegiatan main/belajar yang tidak harus dilakukan secara daring. Pilihan kegiatan ini mewadahi beragam minat dan kebutuhan anak. 

Dengan kualitas pendidikan yang ditawarkan, biaya bulanan SD Rumah Citta sangat terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing keluarga. Hubungi kami lebih lanjut untuk penjelasan detil.

Mengenal SD Rumah Citta

Berikut adalah tautan-tautan menuju artikel dan video untuk mengenal lebih dalam tentang konsep pendidikan dan kegiatan-kegiatan Sekolah Rumah Citta.

Penjelasan tentang Kurikulum SD Rumah Citta dari Kepala Sekolah Rumah Citta, Ibu F. Ana Rukma Dewi.

Ibu Elievia dan keluarga sudah membuat pertimbangan matang saat memilih SD Rumah Citta untuk anaknya. Satu tahun berproses bersama putranya, beliau mencatat 7 hal penting yang membuatnya semakin mantap.

SD Rumah Citta selalu berusaha memenuhi hak partisipasi anak. Salah satunya dengan menyelenggarakan Seminar Suara Anak sebagai ruang bagi anak untuk mengekspresikan diri dan gagasannya. Seminar dengan penampil anak-anak ini telah diselenggarakan 2 kali.

Siswa Kelas 1 & 2 menceritakan projek mereka mengenal kupu-kupu dapat disaksikan di sini: ECCD-RC Yogyakarta (@eccdrc_jogja) • Instagram TV

Ada lagi?

Ada yang ingin diketahui tapi belum tercantum di laman ini? Silakan hubungi TIM PMB
(Senin – Jumat, 08 – 17 WIB)

Atau sudah siap mendaftar? Silakan langsung isi formulir agar kami bisa segera menjadwalkan sesi diskusi dengan Ayah/Bunda.